Bagaimana Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok?

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok? - Ikan merupakan makanan enak dan kaya akan gizi yang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang gemar mengonsumsi ikan. Ada beragam jenis ikan yang enak dikonsumsi, salah satunya ikan gurame. Siapa yang tidak tahu si gurame ini, dagingnya besar, empuk, dan enak. Kemudahan budidaya ikan ini adalah Anda bisa melakukan budidaya ikan ini di berbagai tempat, di ruangan terbuka ataupun di dalam aquarium. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara budidaya ikan gurame di kolam tembok. Kolam tembok biasanya sengaja dibuat berpetak-petak oleh para pembudidaya ikan sehingga hasil panennya pun banyak. 

cara budidaya ikan gurame di kolam tembok,gurame di kolam kecil,kolam terpal pdf,di kolam tanah,gurame di rumah,

Cara budidaya ikan gurame di tanah ataupun dibeton sama. Tidak ada perbedaan dari segi cara perawatan, yang membedakan hanyalah bahan pembuat kolam. Budidaya ikan gurame di kolam tembok terbilang mudah dan tidak ribet. Ikan gurame termasuk jenis ikan air tawar yang ekonomis karena memiliki harga jual yang cukup tinggi. Rasanya yang enak dan gurih membuat orang menyukainya. Oleh sebab itu, tidak heran jika semakin banyak orang yang membudidayakan ikan gurame sebagai lading bisnis yang menjanjikan. Ikan gurame menyukai air yang bersih jernih dan tenang. Ia pun mudah dipelihara dan berkembangbiak sehingga hasil panen pun jarang mengecewakan.

cara budidaya ikan gurame di kolam tembok,gurame di kolam kecil,kolam terpal pdf,di kolam tanah,gurame di rumah,

Langkah Budidaya Ikan Gurami

Cara membuat Kolam

Tidak perlu rebut untuk budidaya ikan gurame karena budidaya ikan gurame di kolam kecil pun bisa. Jadi, Anda tidak memerlukan lahan luas yang bisa menampung banyak ikan gurame. Sehingga langkah awal untuk memulai bisnis pun bisa dimulai dari kola kecil. Cara budidaya ikan gurame di kolam tembok yang pertama adalah dengan membuat kolam dengan kedalaman minimal 100 cm, kemudian pada bagian tengah dibuat kubangan untuk mempermudah panen. Anda juga sesekali member disinfektan untuk mencegah pertumbuhan bakteri sehingga air tetap jernih dan bersih. Pembersihan kolam dilakukan mulai dari pinggiran kolam sampai seluruh bagian kolam. 

Memulai Pembibitan

Sama halnya dengan budidaya ikan gurame di kolam terpal, untuk memulai pembibitan harus dilakukan dengan memilih benih yang sesuai dengan standar SNI. Tebaran benih pertama sebanyak 12 sampai 20 ekor per meternya. Sedangkan untuk ukuran benih 7-15 gr per ekor. Budidaya ikan gurame di kolam tembok untuk penaburan benih dilakukan saat pagi atau sore hari, tidak boleh siang hari. Ikan gurame merupakan ikan herbivore yang menyukai pakan hijau. Namun untuk pakan hijau diberikan cukup satu kali dalam sehari sedangkan pakan buatan 2 kali dalam sehari. Rumus untuk porsi pemberian makanan menggunakan rumus: 

Bobot total = rata-rata bobot ikan sampling x jumlah ikan total

cara budidaya ikan gurame di kolam tembok,gurame di kolam kecil,kolam terpal pdf,di kolam tanah,gurame di rumah,

Tinggal menunggu hari hingga hari panen tiba. Jika pembudidayaan Anda sukses Anda bisa menikmati begitu banyak ikan gurame dengan kualitas terbaik dan harga tinggi. Panen dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu panen total atau sebagian. Panen total dilakukan dengan membuang sebagian besar air kemudian ikan akan terkumpul di bawah dan Anda hanya tinggal mengambilnya. Sekian uraian mengenai cara budidaya ikan gurame di kolam tembok. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Budidaya selanjutnya tahapan budidaya ikan nila di kolam beton yang tepat
Bagaimana Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya