Cara Budidaya Ikan Betutu Sendiri

Cara Budidaya Ikan Betutu Sendiri - Ikan betutu atau yang dikenal sebagai ikan malas sepertinya belum banyak dikenal orang kebanyakan. Ikan ini memang belum banyak dipasaran sehingga untuk menemukannya cukup sulit dan jarang orang mengenalnya. Padahal ikan ini memiliki daging yang enak dan gurih sehingga banyak eksportir yang mencarinya. Belum banyak orang yang membudidayakan ikan betutu ini sehingga harganya pun sangat mahal, per kilonya mencapai 130.000 ribu rupiah. Wah, menguntungkan sekali ya untuk dijadikan peluang bisnis? Anda bisa melakukan pembudidayaan sendiri. Untuk itu, pada artikel ini akan menjelaskan cara budidaya ikan betutu. Harganya yang sangat tinggi membuat Anda pasti tergiur untuk panen ikan betutu kemudian meraup untung besar.

cara budidaya ikan,betutu di kolam terpal,betutu teori dan praktek,hias,gurame,gabus,lele,patin,nila,

Sekilas Tentang Ikan Betutu

Bukan tanpa alasan ikan ini dijuluki ikan malas karena ia terlalu malas bergerak kecuali di sentuh oleh tangan orang atau terkena sesuatu. Ikan ini terkenal memang bukan melalui jalur resmi seperti diperkenalkan oleh Kementerian Perikanan. Namun justru melalui penangkarannya, ikan ini tersohor. Bagi orang Kalimantan Barat sudah tak saing lagi dengan ikan yang satu ini. Cara budidaya ikan betutu tentu berbeda dengan cara budidaya ikan hias. Kemalasanannya pun merambah pada keinginannya untuk mencari makan. Ia hanya diam menunggu diberi makan. Jika sudah kenyang ia hanya akan diam did asar perairan seperti ikan mati.

Cra Budidaya Ikan Betutu

Bentuk Kolam

Seperti cara budidaya ikan koi yang bisa dibudidayakan di kolam rumah atau aquarium, budidaya ikan betutu pun tak jauh beda. Cara budidaya ikan betutu yang pertama adalah pembuatan kolam. Kolam bisa terbuat dari semen, akuarium atau yang lainnya. Minimal dalam kolam adalah satu meter Kemudian di bagian tepi kolam buatlah parit sepanjang 75 cm dan dalam 30-40 cm. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan saat pengeringan kolam, memudahkan menangkap ikan dan membuat ikan-ikan makanan betutu terkumpul sehingga mudah dimakan oleh betutu. Selain itu, sebisa mungkin buatlah pintu pembuangan ar dengan system monik agar pembuangan air lebih mudah.

Cara Memasukan Ikan Ke-Kolam

cara budidaya ikan,betutu di kolam terpal,betutu teori dan praktek,hias,gurame,gabus,lele,patin,nila,

Cara budidaya ikan betutu lebih mirip dengan cara budidaya ikan lele di terpal. Sama halnya dengan ikan lele, betutu mampu hidup dalam air keruh. Ia tahan terhadap lingkungan air yang kotor, berbeda dengan kebanyakan ikan yang justru akan mati. Setelah kolam jadi, taburilah kolam dengan mujair. Setelah mujair yang senang kawin berada dalam kolam selama 1-2 bulan, barulah masukkan benih betutu ke dalam kolam. Setelah itu, rutinlah member betutu makan sampai hari panen dating.

Pemberian Tumbuhan di Dalam Kolam


cara budidaya ikan,betutu di kolam terpal,betutu teori dan praktek,hias,gurame,gabus,lele,patin,nila,

Sebaiknya Anda juga memberi tumbuhan aquatic seperti teratai untuk menjaga kelembaban suhu di dalam kolam. Betutu memang suka tempat yang rindang dan tak terkena cahaya langsung. Cara budidaya ikan betutu yang mudah menjadikan banyak orang melakukannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk melakukan budidaya ikan betutu. Demikian lasan ini saya sampaikan semoga bermanfaat.

Budidaya selanjutnya  Bagaimana Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok?
Cara Budidaya Ikan Betutu Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya