Cara Budidaya Ikan Gurame di Aquarium Yang Tepat

Cara Budidaya Ikan Gurame di Aquarium - Gurame merupakan ikan yang banyak disukai oleh masyarakat karena memang jenis ikan konsumsi. Rasanya yang gurih dan enak membuatnya terjual laris manis, apalagi setelah diolah menjadi beragam masakan. Anda penggemar ikan gurame? Tapi kalau harus membeli terus dirasa mahal, sebaiknya Anda melakukan budidaya ikan gurame di aquarium sendiri. Budidaya ikan gurame memang tidak harus ditempat terbuka. Terlebih bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas, maka aquarium adalah pilihan terbaik. Aquarium bukan hanya tempat ikan-ikan hias berlenggang kesana kemari. Ternyata ia juga berfungsi untuk budidaya ikan lainnya. Pasti kamu penasaran kan? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai tuntas.

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,kolam tembok,kolam terpal,kolam beton,di kolam tanah,makalah,video budidaya,kolam terpal pdf,

Gurame atau yang memiliki bahasa latin Osphoronemus gouramy mempunyai bentuk badan yang lebar dan pipih, bagian punggungnya berwarna merah sawo sedangkan bagian perutnya kekuning kuningan, keperakan. Ikan ini mengandung kadar protein yang tinggi sehingga rasanya begitu enak dan disukai banyak orang. Untuk budidaya ikan gurame di aquarium memang sangat memungkinkan, meski kebanyakan budidaya ikan gurame di kolam.

Ikan gurame sendiri dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 20-400 mdpl. Namun jika pembudidayaan dilakukan di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 8800 mdpl, pertumbuhan ikan akan cenderung lambat dan tidak baik. Oleh karena itu untuk mendapatkan ikan gurame yang besar, budidayakan di daerah dengan ketinggian seharusnya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai budidaya ikan gurame di aquarium, sebaiknya kamu tahu berapa perbandingan kadar suhu oksigen PH dengan jumlah telur yang dihasilkan. Dengan PH 25-30>4 dapat menghasilkan telur sebanyak kurang lebih 10.000 telur ikan. Cara budidaya ikan gurame di kolam kecil atau aquarium adalah melakukan pemilihan induk gurame.

Induk ikan gurame yang bisa dibudidayakan adalah 3, 3 – 7 tahun. Berbeda dengan budidaya ikan tambakan, semakin besar induk betina ikan gurame maka semakin besar pula jumlah telur yang tersimpan. Perut ikan gurame akan membesar ke belakang dengan warna terang. 

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,kolam tembok,kolam terpal,kolam beton,di kolam tanah,makalah,video budidaya,kolam terpal pdf,

Selain di aquarium, budidaya ikan gurame di terpal juga bisa dilakukan. Berlanjut mengenai budidaya ikan gurame di aquarium. Setelah telur terbentuk, rendam terlebih dahulu dengan methylene blue kemudian masukkan ke dalam aquarium. Aquarium tersebut berisi air 12 cm dan sudah diendapkan selama semalaman.

Guna menjaga kondisi air, pasanglah aerator dan heater yang disetel 30 derajat. Untuk 2 hari pertama kontrollah selalu, jika terdapat telur berwarna putih kusam, langsung saja buang karena telur tersebut sudah busuk dan dapat menular ke telur yang lain.

Sampai hari ke delapan, larva sudah berubah seiring berjalannya waktu. Segera ganti sekitar 30% air. Kemudian pada hari kesembilan larva bisa diberi makan dengan cacing. Jika air tidak dikondisikan maka hari ke-11 baru bisa diberi makan. Pada hari ke 10 sampai 17, air harus diganti setiap hari sekitar 30% dan penggunaan heater bisa dihentikan. Kemudian pada hari ke 25, larva sudah melewati masa kritis. Namun untuk penggantian air terus dilakukan setiap hari, sama halnya budidaya ikan gurame di beton atau tempat lainnya. Demikian ulasan mengenai budidaya ikan gurame di aquarium, semoga bisa menambah pengetahuan pada Anda.

Budidaya selanjutnya cara budidaya udang vaname  secara intensif
Cara Budidaya Ikan Gurame di Aquarium Yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri