Cara Budidaya Ikan Kakap Merah

Cara Budidaya Ikan Kakap Merah - Budidaya ikan kakap merah memang menguntungkan, terutama bagi masyarakat nelayan dan pesisir. Nilai jual yang tinggi dan pemeliharaan yang mudah membuat budidaya ikan asin ini banyak diminati. Seperti di Indonesia yang lokasi perairannya sangat cocok untuk menerapkan cara budidaya ikan kakap merah yang mampu menghasilkan panen berlimpah dan berkualitas. Ikan kakap merah merupakan jenis keluarga genus lutjanus yang paling mudah dibudidayakan, cepat pertumbuhannya dan termasuk ikan laut yang mudah diberi pakan buatan. Sehingga banyak yang berminat untuk membudidayakan ikan kakap merah, jika Anda tertarik dan memiliki lahan air payau yang tidak terpakai maka bisa memanfaatkan peluang usaha ini.

jual bibit ikan kakap air tawar,jual bibit ikan kakap merah,budidaya ikan kakap di kolam,jual benih kakap putih,pembenihan ikan kakap,jual bibit kakap putih air tawar,

Ikan kakap merah mempunyai ciri fisik bentuk sisik yang kecil dan ada juga yang ukuran sedang, pada bagian cangkang kepala tidak didapati adanya sisik. Sedangkan di sekitar insang ada beberapa baris sisik yang ukurannya lebih besar dari sisik tubuhnya. Serta ciri khas yang mencolok yang membedakan dari jenis kakap lain adalah warna sisik yang merah dan kadang ada yang sedikit kecoklatan. Setidaknya, itulah beberapa ciri yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan budidaya ikan kakap merah di alam terbuka.

Adapun Langkah-Langkah Yang Diperlukan Untuk Budidaya Kakap Merah

• Menyediakan lahan

Jika Anda memiliki lahan berupa asin dengan kadar garam yang sedang maka bisa diterapkan untuk budidaya kakap merah seperti menggunakan tambak. Selain itu untuk budidaya ikan kakap jenis merah ini juga bisa menggunakan keramba di perairan pantai yang ombaknya tenang. Ukuran keramba pantai minimal 3mx3mx3m atau menyesuaikan dengan target budidaya Anda.

• Menyiapkan benih kakap merah

jual bibit ikan kakap air tawar,jual bibit ikan kakap merah,budidaya ikan kakap di kolam,jual benih kakap putih,pembenihan ikan kakap,jual bibit kakap putih air tawar,

Setelah media sudah tersedia maka budidaya ikan kakap merah sudah bisa dilakukan dengan menyiapkan benih. Anda bisa membeli di penyalur benih kakap atau juga melakukan pemijahan induk untuk berkembangbiak. Namun, sebaiknya ketika Anda akan menebar benih ke dalam media pada saat pagi hari dengan mengukur kesesuaian air dengan media wadah benih supaya ikan mudah beradaptasi.

• Pemberian pakan dan perawatan

Jika benih yang Anda sebarkan sudah berukuran sedang atau sudah bisa diberi pakan buatan maka Anda cukup membuat jadwal rutin pemberian pakan ikan kakap merah. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ikan kakap merah termasuk mudah untuk diberi pakan buatan, maka dalam budidaya ikan kakap merah di media seperti keramba akan lebih efektif waktu. Selain pemberian pakan, kita juga harus merawat ikan dan air dari resiko penyakit dan air yang tetap sehat untuk habitat ikan kakap merah.

jual bibit ikan kakap air tawar,jual bibit ikan kakap merah,budidaya ikan kakap di kolam,jual benih kakap putih,pembenihan ikan kakap,jual bibit kakap putih air tawar,

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan budidaya ikan kakap merah, untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang cara dan tips bisa dengan mencari koleksi makalah budidaya ikan kakap lainnya, semoga meskipun singkat ulasan ini bisa menambah informasi dan inspirasi berwirausaha.

Budidaya selanjutnya cara budidaya ikan kutuk
Cara Budidaya Ikan Kakap Merah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya