Cara Budidaya Ikan Nila Merah dengan Mudah dan Makanan

Cara Budidaya Ikan Nila Merah dengan Mudah dan Makanan  - Budidaya ikan sudah menjadi suatu kegiatan yang tidak asing lagi untuk sebagian masyarakat di Indonesia. Selain karena faktor lingkungan yang mendukung seperti tersedianya air bersih, Indonesia juga mempunyai beragam jenis ikan yang dapat dibudidayakan. Salah satu ikan yang cocok untuk bisnis jual beli ikan, bisnis kuliner, dan tentu jika diolah rasanya lezat adalah ikan nila, mengenai makanan dan cara budidaya ikan nila merah akan dikupas pada artikel kali ini. Jadi bagi Anda yang sudah mempunyai niatan budidaya ikan tetapi masih bingung menentukan ikan apa yang akan dibudidayakan, ikan nila merah dapat menjadi alternatif terbaiknya.

cara budidaya ikan nila Merah,panduan budidaya,di kolam beton,kolam terpal,harga meninggi budidaya ikan nila merah marak,

Ikan nila merah merupakan salah satu jenis ikan nila sebagai ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini memiliki citarasa yang lezat yang disukai oleh banyak orang. Ada banyak olahan ikan nila untuk disantap, mulai dari digoreng biasa sampai dibuat dengan beragam kreasi bumbu dilengkapi dengan sambal. Disamping itu, ikan nila merah juga mempunyai nilai gizi yang tinggi seperti mengandung vitamin, mineral, fosfor, selenium, protein, niacin, kalium, dan lain sebagainya.

Pemberian makanan dan cara budidaya ikan nila merah tidak sulit jika Anda benar-benar memperhatikan cara yang tepat agar nila peliharaan Anda dapat tumbuh dan berkembang optimal, berkembangbiak dengan baik, dan mempunyai tingkat kehidupan yang tinggi dalam artian tidak mudah mati.

Pakan ikan nila merah adalah tanaman yang berwarna hijau, diantaranya ada kecubung, kaliandra, kalikina, kihujan, dan kipat. Jadi Anda harus rajin memberikan makanan yang cocok untuk nila, karena jika tidak cocok maka nila akan mudah mati. Pada tata cara pemberian makanan dan cara budidaya ikan nila merah tentunya hal utama yang harus dipersiapkan adalah menyiapkan tempat. Anda dapat menggunakan terpal sebagai medianya.

Tetapi juga harus dilakukan dengan beberapa tahapan. Siapkanlah tempat yang dapat langsung terkena sinar matahari, kemudian buat galian tanah dengan kedalaman sekitar setengah meter. Luasnya dapat menyesuaikan dengan luas lahan Anda. Tanah-tanah yang telah digali gunakan sebagai tanggul.

cara budidaya ikan nila Merah,panduan budidaya,di kolam beton,kolam terpal,harga meninggi budidaya ikan nila merah marak,

Berilah sekam pada bagian dasar kolam sampai rata. Kemudian pasang terpal dengan benar dan merata. Di pinggiran dan atas terpal diberi batako sebagai pemberat agar terpal tidak mudah tergeser kemana-mana. Point utama sebelum makanan dan cara budidaya ikan nila merah telah diselesaikan, kemudian tahap berikutnya adalah menebar benih-benih ikan nila. Pemberian pakan berupa tanaman-tanaman hijau yang telah disebutkan tadi akan sangat mempengaruhi kelangsungan hidup nila, begitu juga dengan perawatan kolam itu sendiri. Biasanya penebaran bibit nila adalah dengan nila yang berat tiap ekornya sekitar 30 gram.

Selain menggunakan terpal, terdapat juga cara budidaya ikan nila di kolam beton jika Anda mempunyai budget yang lebih banyak lagi. Kolam dari beton ini akan lebih kuat jika dibandingkan dengan terpal. Untuk luas dan kedalamannya, Anda dapat membuat sesuai dengan yang dibutuhkan. Pemeliharaan ikan nila sampai ukuran yang ideal yaitu sekitar 500 gram adalah dalam jangka waktu 6 bulan.

Meskipun begitu, jika kurang dari 6 bulan sudah cukup besar Anda dapat mengambil satu atau dua ekor untuk dimasak sendiri. Sedangkan jika akan dijual lagi tunggulah sampai beratnya ideal dalam kurun waktu 6 bulan tersebut. Semoga informasi mengenai makanan dan cara budidaya ikan nila merah dapat menjadi referensi baru bagi Anda.

Budidaya selanjutnya cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula
Cara Budidaya Ikan Nila Merah dengan Mudah dan Makanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri