Tips Budidaya dan Ternak Ikan Hias Yang Menguntungkan

Tips Budidaya dan Ternak Ikan Hias Yang Menguntungkan - Budidaya dan ternak ikan hias yang menguntungkan kali ini menjadi banyak incaran pencinta ikan hias. Banyak orang yang sukses meraup keuntungan berdasarkan budi daya ikan hias ini. Ada banyak jenis ikan hias yang cocok untuk dibudidayakan dan bisa menambah keuntungan, di samping tak sedikit pula budidaya ikan konsumsi yang juga bisa menghasilkan keuntungan. Selain itu, banyak orang yang lebih tertarik melakukan budi daya ikan hias yang lebih menguntungkan karena bisa dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan ikan konsumsi yang biasanya dihargai berdasarkan sistem kiloan.

cara budidaya ikan, hias komet,ikan cupang,koki,hias air tawar,dan kelinci hias info,di lahan sempit,yang menguntungkan,guppy,

Hasil dari ternak ikan hias yang menguntungkan biasanya lebih menekankan pada kualitas ikan tersebut, hal inilah yang membuat ikan hias dapat dilakukan pada lahan yang sempit juga dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Untuk melakukan budi daya ikan hias tawar yang menguntungkan ini, Anda bisa melakukan beberapa tips dan tahapan penting ketika membudidayakannya.

Simak Tips Budidaya Berikut

Siapkan Tempat Pemeliharaan

Dalam tahapan ternak ikan hias yang menguntungkan ini, pertama kali sediakan tempat aquarium dengan ukuran yang memanjang. Aquarium jenis ini biasanya lebih mudah untuk diaplikasikan pada berbagai jenis ikan hias yang dipelihara. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan suplai air yang tentunya lebih alami dan natural tanpa kandungan bahan kimia. Suhu air yang diperlukan untuk pertumbuhan ikan hias yaitu sekitar 24 sampai 30oC.

Sementara oksigen terlarut yang dibutuhkan lebih dari 3 ppm dengan PH sekitar 6-7 dan tingkat kecerahan air sekitar 30 sampai 60 cm. Anda harus mengecek semua kondisi pengairan air dan mengeringkan, termasuk juga penggunaan sekat aquarium untuk beberapa jenis ikan hias agar ikan-ikan yang dipelihara tidak mudah bertarung.

Pelihara Berbagai Macam Ikan Hias

Bagi pemula yang masih awam untuk melakukan usaha ternak ikan hias yang menguntungkan ini, sebaiknya menjalankan ternak atau budi daya ikan hias dengan berbagai macam ikan hias. Adapun jenis-jenis ikan hias yang bisa dibudidayakan dan paling populer saat ini seperti guppy, discus, cupang, Oscar, ghost, manvist, lemon, molly, guppy dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Tahap Perjodohan

Untuk tahap perjodohan ini, Anda bisa memilih bagian indukan yang berusia matang berdasarkan jenis dari masing-masing ikan hias yang dipelihara. Hal ini biasanya dapat dilihat berdasarkan warna merona yang terlihat pada bagian kelaminnya. Caranya dengan menyatukan ikan hias yang hendak dikawinkan pada sebuah wadah melalui sket selama 1-2 harian atau 3-4 harian berdasarkan jenisnya.

Tahap Pembesaran

Jika telur sudah menetas, dan telur masih berbentuk seperti larva hingga beberapa hari maka tak membutuhkan pakan sebab masih memiliki suplai makanan pada kuning telurnya. Akan tetapi, larva akan mulai membesar sekaligus memerlukan makanan dengan protein tinggi seperti kutu air atau cacing sutera dalam pertumbuhannya untuk masing-masing periode. Biasanya dalam fase lanjut sendiri ikan akan tampak berbentuk layaknya ikan kecil yang dapat memakan makanan ikan biasa dengan tekstur yang lebih lembut.

perhatikan Kebersihan Aquarium

cara budidaya ikan, hias komet,ikan cupang,koki,hias air tawar,dan kelinci hias info,di lahan sempit,yang menguntungkan,guppy,

Kebersihan aquarium sangat penting bagi pertumbuhan dan keberlangsungan hidup para ikan hias, terlebih lagi ketika ikan menuju fase pembesaran. Dimana dalam fase ini biasanya kotoran ikan akan lebih banyak dan ikan pun masih terlalu rentan pada kondisi air yang kotor. Untuk itu, Anda perlu membersihkan wadah aquarium untuk pembesaran paling tidak sekali 2 hari dan untuk aquarium yang dewasa bisa membersihkannya sekali dalam seminggu.

Nah, itulah beberapa tahapan penting yang wajib dilakukan dalam proses ternak ikan hias yang menguntungkan!

Lanjut ke 5 tahap penting budidaya ikan patin di kolam tembok
Tips Budidaya dan Ternak Ikan Hias Yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri