Tips Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium Yang Menguntungkan

Tips Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium Yang Menguntungkan - Ikan koi termasuk sejenis ikan primadona karena banyak digemari masyarakat Indonesia hingga dunia. Keberadaan dari ikan koi sendiri dapat memberikan peluang bagi para wirausahawan untuk membudidayakannya. Cara budidaya ikan koi di akuarium memang tergolong tidak mudah, karena Anda membutuhkan akuarium yang begitu besar untuk pemeliharaannya. Karena luasan akuarium yang tergolong standar tak cukup untuk pemeliharaan ikan ini. Ikan koi tergolong lebih mudah dibudidayakan secara umum, terlebih lagi ikan ini dijual dengan harga yang begitu mahal. Dengan demikian, teknik budi daya ikan koi ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

cara budidaya ikan hias di akuarium,di kolam terpal,di aquarium,di kolam tanah,koi pdf,ikan koi,hias di akuarium kecil,hias platy,

Ikan koi termasuk ikan hasil dari persilangan pada berbagai macam warna jenis ikan mas. Tak hanya itu, warna dan polanya yang begitu unik menjadikan banyak orang tertarik untuk memelihara ikan koi sebagai jenis ikan hias. Umumnya, ikan koi ini paling banyak di budidayakan pada kolam taman, sebab koi memerlukan tempat luas untuk berenang agar mereka lebih leluasa.

Akan tetapi, tak ada salahnya jika Anda juga ingin mencoba membudidayakan ikan koi di akuarium. Hanya saja, untuk membudidayakan ikan koi pada kolam akuarium ini membutuhkan biaya yang begitu besar. Karena Anda bisa menyetting akuarium ikan koi sesuai dengan ukuran kolam taman yang biasa digunakan untuk pemeliharaan ikan koi.

Cara budidaya ikan koi di akuarium, membutuhkan kedalaman atau ketinggian akuarium hingga 50 cm dengan lebarnya sekitar 1 meter dan panjangnya sekitar 1,5 meter. Cara budidaya ikan koi di akuarium tidaklah mudah, selain itu bisa beresiko pada warna ikan koi yang pucat sebab bisa memicu terkena paparan sinar UV yang terus menerus.

Hal inilah, alasan mengapa membutuhkan akuarium dengan tingkat kedalaman yang lebih. Selain itu, akuarium juga tentunya perlu diberikan tambahan pipa yang berguna sebagai penyuplai air yang bersih pada akuarium dan juga harus dilengkapi dengan saluran pembuangan. Selain itu, agar memberikan perlindungan sesuai mutu kolam sendiri, Anda dapat membuat filter dengan 4 lapis.

cara budidaya ikan hias di akuarium,di kolam terpal,di aquarium,di kolam tanah,koi pdf,ikan koi,hias di akuarium kecil,hias platy,

Adapun lapisan pertama terdiri atas kerikil, ijuk dan pasir. Hal ini bertujuan agar kotoran dapat disaring dengan sempurna. Sementara lapisan kedua, terdiri dari karbon zeolit agar racun dan bau bisa dihilangkan dari akuarium. Sedangkan, untuk lapisan ketiga sendiri berbentuk pestisida yang berfungsi memusnahkan bakteri pengurai.

Lapisan keempat sendiri berupa tanaman pengikat kotoran. Tak hanya filter saja, cara budidaya ikan koi di akuarium tentunya harus memperhatikan kualitas air yang ideal dengan tingkat keasaman sekitar 6,5-8,5 agar pertumbuhannya lebih baik.

Telur ikan koi biasanya memiliki karakter yang melekat dan bisa bertelur pada bagian bawah tanaman agar bisa ditempelkan telurnya. Dengan demikian Anda harus menyiapkan bagian penempel telur dengan menggunakan kakaban sebagai pemijah dari ikan koi. Ya, itulah beberapa tips cara budidaya ikan koi di akuarium yang menguntungkan untuk Anda!

Budidaya selanjutnya tahapan cara budidaya udang vaneme secara tradisional
Tips Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium Yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya