Tips dan Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tembok

Tips dan Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tembok - Ikan gurame selain banyak diminati masyarakat, harga jualnya juga cukup tinggi. Inilah mengapa gurame memiliki prospek bisnis yang tinggi dan dapat Anda jadikan peluang. Karakteristik ikan gurame sendiri adalah pada dasarnya menyukai tempat yang tenang juga jernih. Sehingga memelihara ikan gurame dan membudidayakannya akan sangat tepat apabila dilakukan di dalam kolam dari tembok. Ikan gurame yang dibudidayakan di dalam kolam tembok tentunya harus memiliki pemenuhan persyaratan kolam tembok yang baik. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara budidaya ikan gurame di kolam tembok yang baik.

budidaya ikan gurame di kolam tembok,budidaya ikan gurame di kolam terpal,makanan ikan gurame,harga bibit ikan gurami,mempercepat pertumbuhan ikan gurame,

Tahapan Budidaya Ikan Gurami

Pembersihan Kolam

Untuk yang ke pertama kalinya Anda harus lakukan sebagai persiapan pemeliharaan ikan gurame di dalam kolam tembok adalah kebersihan kolam. Kolam yang bersih merupakan salah satu syarat ikan gurame bisa hidup. Anda juga dapat melakukan pembersihan pinggir kolam supaya kebersihan kolam tembok lebih maksimal.

Untuk menghindari adanya bakteri yang tidak baik bagi pertumbuhan ikan gurame, ada baiknya Anda menggunakan desinfektan yang berupa KmnO4 sebanyak 20 sampai 30 mg/liter. Setelah siap, barulah masukkan air kira-kira setinggi 100 sampai 120 cm. Untuk memudahkan cara budidaya ikan gurame di kolam tembok, ada baiknya kolam dilengkapi dengan saluran tengah atau biasa disebut kubangan dengan tujuan agar mempermudah jalannya panen nanti. 

Pemilihan Benih Ikan

Sebagai cara budidaya ikan gurame di kolam tembok yang patut Anda perhatikan, Anda harus memiliki benih ikan gurame yang dianjurkan SNI. Benih tersebut adalah yang tergolong dalam kelas benih sebar, dengan ukuran sekitar 7 sampai 15 gram per ekornya. Ada satu hal yang harus Anda perhatikan dalam memanajemen kolam gurame Anda.

Padat tebar untuk setiap meter persegi kolam haruslah berisi 12 hingga 20 ekor ikan gurame. Untuk waktu pengembangbiakannya sendiri sekitar 90 sampai 120 hari. Tips budidaya ikan gurame yang lain adalah ketika menebar benih gurame, usahakan pada waktu pagi atau sore hari. Hal ini dikarenakan kolam memiliki keadaan suhu yang rendah. 

Pakan Terbaik

Pakan yang baik untuk cara budidaya ikan gurame di kolam tembok sendiri adalah pakan yang berunsur herbivora, karena gurame sendiri adalah pemakan tumbuh-tumbuhan. Untuk itu, beri ikan gurame makanan yang berupa pakan hijau-hijauan dan juga pelet komersil. Anda juga dapat memberikan ikan gurame Anda dengan daun sente juga kangkung yang sebelumnya sudah dilayukan terlebih dahulu. Untuk ukuran pemberian pakan ikan gurame sendiri, Anda dapat memberikan pakan hijau sebanyak sekali per hari dengan 2% sampai 3% bobot biomass. Sedangkan untuk pelet bisa 2 kali sehari dengan 2% sampai 3% bobot biomass. 

Waktu Panen Ikan

budidaya ikan gurame di kolam tembok,budidaya ikan gurame di kolam terpal,makanan ikan gurame,harga bibit ikan gurami,mempercepat pertumbuhan ikan gurame,

Nah, sebagai tips terakhir, ada baiknya Anda memanen ikan gurame ketika ia sudah memiliki berat sekitar 200 gram hingga 300 gram per ekor. Ikan gurame yang baik juga harus memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi, yaitu sebanyak 85% hingga 95%. Dan untuk teknik pemanenan sendiri, Anda dapat melakukan panen sebagian atau panen total. Untuk panen totalnya dalam cara budidaya ikan gurame di kolam tembok dapat Anda lakukan dengan menguras air kolam, dan ikan akan terkumpul di kubangan dasar kolam.

Budidaya selanjutnya cara budidaya ikan gurami agar cepat besar dan siap jual
Tips dan Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tembok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya