Tips dan Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal untuk Pemula

Tips dan Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal untuk Pemula - Cara budidaya ikan patin di kolam terpal merupakan salah satu usaha budidaya ikan patin yang paling mudah dan ekonomis. Usaha ikan patin menjanjikan hasil yang cukup besar apalagi jika bisa mengelolanya dengan baik. Cara membudidayakan ikan patin memang tidak sulit karena ikan patin bisa hidup dalam keadaan apa saja. Walaupun demikian, tetap saja kebersihan kolam terpal ikan patin harus diperhatikan. Risiko menggunakan kolam terpal yang paling ditakutkan adalah bahaya penyakit yang sangat rentan menyerang ikan patin. Apalagi jika ikan masih pembibitan harus dijaga kebersihannya dan sering diberi makan. Sirkulasi oksigen dan udara dalam kolam juga harus dijaga.

budidaya ikan patin di kolam terpal,cara budidaya ikan patin agar cepat besar,cara budidaya ikan patin di kolam beton,resensi budidaya ikan patin di kolam terpal,

Beberapa Tips Budidaya Ikan

Ada beberapa tips dan cara budidaya ikan patin di kolam terpal untuk pemula yang ingin budidaya ikan patin ini, berikut tipsnya: 

• Pilih kolam yang tepat

Pembuatan kolam terpal ikan lele dan patin serta jenis ikan air tawar lainnya hampir sama, hanya perlu siapkan terpal dan alat lainnya. Dalam pembuatan kolam terpal ini harus memperhatikan lokasi yang akan digunakan dalam budidaya ikan patin. Ada empat jenis kolam yang bisa dipilih, yaitu kolam terpal keseluruhan, kolam tembok yang dilapisi terpal, kolam tanah yang dilapisi terpal, dan kolam terpal yang instan. Keempat jenis kolam ini bisa dipilih sesuai dengan luas lokasi atau tempat yang akan digunakan untuk budidaya ikan patin. 

• Siapkan alat pendukung

Tips cara budidaya ikan patin di kolam terpal yang lainnya yaitu menyiapkan alat-alat pendukung yang akan digunakan dalam melakukan budidaya ikan patin. Alat pendukung yang perlu disiapkan di antaranya yaitu blower, pompa air, ember, paralon, dan penjaring yang akan digunakan untuk memanen benih yang sudah jadi. Paralon bisa juga diganti selang yang lebih lentur dan mudah untuk digunakan. Semua alat tambahan ini wajib ada untuk membantu budidaya ikan patin dalam kolam terpal. 

• Gunakan teknik yang tepat dalam pembibitan

budidaya ikan patin di kolam terpal,cara budidaya ikan patin agar cepat besar,cara budidaya ikan patin di kolam beton,resensi budidaya ikan patin di kolam terpal,

Untuk menghasilkan ikan patin yang besar dan sehat cara budidaya ikan patin di kolam terpal harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sebelum benih ditebarkan sebaiknya kolam terpal diisi dengan air terlebih dahulu dengan ketinggian 20 cm lalu pada hari kelima ditambah lagi secara bertahap. Kemudian baru disebar benih dalam kolam. Benih yang disarankan disebar adalah sekitar 20 ribu dengan kolam ukuran 2 x 1 x 0,5 meter. 

• Pilih pakan yang tepat

Ikan patin harus diberi pakan yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik. Pakan ikan patin pada bulan pertama bisa diberikan kutu air atau cacing sutra yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan desinfektan agar tidak membawa kuman penyakit.

budidaya ikan patin di kolam terpal,cara budidaya ikan patin agar cepat besar,cara budidaya ikan patin di kolam beton,resensi budidaya ikan patin di kolam terpal,

Cukup mudah bukan untuk memulai usaha budidaya ikan patin? Jenis ikan patin ini selalu dicari oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Jadi, usaha budidaya ikan patin ini cukup menguntungkan jika ditekuni. Kelebihan lainnya dalam cara budidaya ikan patin di kolam terpal adalah tidak membutuhkan tempat yang cukup luas dan biaya yang besar untuk pembuatan kolam. Cukup gunakan terpal saja sudah bisa membudidayakan ikan patin. Selain itu, membudidayakan ikan patin juga tidak harus di luar ruangan tapi juga bisa dilakukan di luar ruangan. Jika cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan budidaya bisa langsung dipindah dengan mudah karena menggunakan terpal.

Budidaya selanjutnya tips melakukan budidaya ikan balon molly
Tips dan Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya