Budidaya Ikan Toman Dalam Akuarium

Budidaya Ikan Toman Dalam Akuarium - Ikan toman mulai dikenal masyarakat sejak beberapa tahun lalu meskipun untuk mengkonsumsinya masyarakat kita belum terlalu akrab di lidah. Namun demikian, kini di beberapa daerah telah mengenal budidaya ikan toman ini terutama di daerah Kutai Kertanegara dan hasilnya sangat luar biasa. Keuntungan yang bisa diraup lebih banyak dan berlipat ganda jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Hanya saja, Anda harus tahu ke mana harus membuangnya jika ini dijadikan lahan bisnis.

budidaya ikan koi di akuarium,cara budidaya ikan hias di akuarium,budidaya ikan baung,budidaya ikan haruan,budidaya ikan tapah,

Mengenal Ternak Ikan Toman

Sekilas Tentang Ikan Toman

Sebagai perkenalan untuk Anda yang belum pernah melihat ikan toman, ikan ini memiliki kulit berwarna merah dan bergaris lateral oranye dan hitam. Setiap ia bertumbuh maka akan mengalami penambahan warna yang berbeda seperti biru, hitam dan juga putih. Namun demikian ikan ini memiliki warna dasar hitam. Budidaya ikan toman ternyata tidak terlalu sulit, karena ikan ini bisa bertahan pada tempat yang memiliki kadar oksigen rendah.

Macam Ragam Media Budidaya


budidaya ikan koi di akuarium,cara budidaya ikan hias di akuarium,budidaya ikan baung,budidaya ikan haruan,budidaya ikan tapah,

Budidaya ikan toman di kolam terpal ataupun di kolam dari tanah bisa dilakukan dengan hasil yang memuaskan. Bahkan budidaya ikan toman bisa dilakukan di akuarium jika Anda tidak memiliki tempat yang bisa digunakan lagi. Karena pada dasarnya ikan toman ini adalah ikan hias yang biasa menghiasi akuarium. Namun demikian, ikan ini bisa mencapai 15 kg dan ikan ini adalah merupakan salah satu ikan buas dalam keluarga gabus. Meskipun ikan toman adalah ikan yang dapat di budidayakan di kolam, namun sebaiknya kolam dibuat dengan sangat aman karena ikan ini merupakan ikan predator.

Jenis Makanan Ikan Toman

Untuk membudidayakan ikan toman, maka makanan yang pas adalah ikan kecil, atau katak. Dengan makanan ini, ikan toman bisa berkembangbiak dengan baik dan cepat tumbuh besar. Karena ikan toman merupakan ikan yang sangat kuat, ia bahkan bisa bertahan dengan hidup di daratan seperti di atas lumpur. Budidaya ikan toman yang berhasil dengan baik bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Dalam satu kilo ikan, Anda bisa membelinya dengan 50 hingga 60 ribu. Namun dalam beberapa tempat penangkarannya Anda bisa mendapatkan lebih murah dari ini.

budidaya ikan koi di akuarium,cara budidaya ikan hias di akuarium,budidaya ikan baung,budidaya ikan haruan,budidaya ikan tapah,

Budidaya ikan toman di keramba juga bisa dilakukan dengan baik apabila mendapatkan cukup makanan. Keramba akan terasa lebih alami daripada terpal, sehingga ikan toman bisa hidup lebih bebas di sana. Anda tinggal memberikan ikan kecil yang akan menjadi santapannya setiap saat. Sehingga dengan begitu, ikan toman akan tumbuh dengan baik dan cepat panen dengan berat yang cukup untuk di konsumsi.

Budidaya ikan toman sebaiknya dimulai dari bayi, karena selain lebih mudah untuk memelihara ikan toman kecil juga memiliki harga yang relatif murah. Dalam kondisi masih kecil, ikan ini dijadikan ikan hias di akuarium. Dengan warna-warna yang beraneka ragam dalam kulitnya, ikan ini menjadi hiasan yang sangat cantik dalam akuarium.

Budidaya selanjutnya cara budidaya gurame di kolam beton lebihmudah
Budidaya Ikan Toman Dalam Akuarium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya