Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah Buatan Sendiri

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah Buatan Sendiri - Ikan lele adalah salah satu ikan favorit orang Indonesia, sehingga di manapun ada warung makan pasti kita bisa temukan ikan lele dengan mudah. Ikan lele banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang cukup gurih dan mudah untuk dimasak dengan aneka macam cara memasak. Sehingga banyak sekali peternak ikan yang membudidayakan ikan lele baik dengan menggunakan kolam beton, terpal ataupun kolam tanah. Cara budidaya ikan lele di kolam tanah bisa dilakukan dengan mudah seperti dalam media yang lainnya.

cara budidaya ikan lele di kolam terpal,ikan lele di kolam tembok,nila di kolam tanah,ikan lele sangkuriang di kolam terpal,lele di kolam tanah,gurame di kolam tanah,

Hal ini karena ikan lele sendiri memiliki daya tahan yang cukup baik sehingga dapat dibudidayakan dengan mudah. Salah satu kolam yang paling mudah dibuat dan tidak memerlukan modal besar adalah kolam tanah. Pembudidaya ikan lele juga lebih suka dengan media ini karena selain mudah biaya produksinya juga terdapat nilai tambah tersendiri. Nilai tambah yang bisa didapatkan dari cara budidaya ikan lele di kolam tanah ini adalah lele bisa mendapatkan pakan alami.

Dalam kolam tanah, maka akan hidup berbagai macam hewan lain selain lele demikian juga dengan tumbuhnya berbagai macam tumbuhan secara alami. Dan semua ini bisa menjadi santapan lele yang notabene merupakan hewan omnivora. Adapun cara budidaya ikan lele yang benar pada bidang kolam tanah adalah sebagai berikut.

cara budidaya ikan lele di kolam terpal,ikan lele di kolam tembok,nila di kolam tanah,ikan lele sangkuriang di kolam terpal,lele di kolam tanah,gurame di kolam tanah,

Lankah Budidaya Kolam Tanah

• Pengeringan 

Untuk membuat kolam lele biasanya para peternak ikan membuatnya dengan bentuk persegi panjang atau kotak. Cara budidaya ikan lele di kolam tanah ini tidak memerlukan ukuran yang harus telah dipastikan, sehingga jika Anda berminat untuk membuatnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan area. Setelah kolam selesai dibuat, maka sebaiknya dilakukan pengeringan terlebih dahulu agar mikroorganisme jahat yang menyebabkan penyakit bagi lele mati.

Pengeringan ini dilakukan dalam waktu kurang lebih satu minggu, caranya yaitu usahakan sebisa mungkin tanah menjadi kering sehingga terlihat pecah-pecah karena kurang air. Kemudian cangkuli kembali tanah tersebut dengan menggunakan cangkul agar tanah tetap gembur. Cara budidaya ikan lele di dalam kolam tanah memang sedikit mengeluarkan tenaga, namun cara membalik tanah ini juga berfungsi untuk menghilangkan gas beracun yang ada dalam tanah.

 • Pemupukan dan pengapuran

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah dalam proses membuat kolam selanjutnya adalah dengan melakukan pengapuran. Tebarkan kapur dengan jenis dolomit atau kapur tohor ini pada seluruh permukaan kolam yang belum diberi air. Adapun dosis yang digunakan adalah 250 hingga 750 gram untuk setiap satu meter persegi. Dengan demikian bakteri patogen jahat yang ada dalam kolam akan mati. Selain itu cara ini juga dapat menjadi penyeimbang kadar asam pada kolam.

 • Pengaturan air

cara budidaya ikan lele di kolam terpal,ikan lele di kolam tembok,nila di kolam tanah,ikan lele sangkuriang di kolam terpal,lele di kolam tanah,gurame di kolam tanah,

Cara budidaya ikan lele dumbo di kolam tanah selanjutnya adalah dengan mengatur air dalam kolam setelah kolam siap untuk digunakan. Dalam pengisian air ini Anda harus melakukannya secara bertahap dengan pengisian pertama adalah setinggi 30 hingga 40 cm. Setelah diisi dengan air yang telah ditentukan, diamkan selama satu minggu. Selanjutnya isi lagi dengan air hingga mencapai ketinggian 100 hingga 120 cm. Selanjutnya adalah dengan menebar benih lele. Nah demikian tadi cara budidaya ikan lele di kolam tanah yang benar, semoga bermanfaat.

Budidaya selanjutnya meraup rupiah dengan cara ternak ikan arwana yang yenar
Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah Buatan Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya