Mengenal Tahapan Cara Budidaya Ikan Koi Blitar

Cara Budidaya Ikan Koi Blitar - Bagaimana sih tahapan cara budidaya ikan koi Blitar? Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita akan ulas sedikit mengenai ikan koi. Ikan koi adalah sejenis ikan karper atau ikan mas dengan nama ilmiah cyprinus caprio. Ikan koi dihasilkan berdasarkan dari perkawinan silang pada berbagai macam jenis ikan mas. Ikan koi sendiri pertama kali dipopulerkan di negara Jepang. Di Indonesia sendiri, ikan ini sudah populer mulai tahun 1960. Walaupun kini banyak yang meragukan kualitas ikan koi lokal, namun perkembangan bisnis budidaya ikan koi Blitar semakin berkembang pesat. Khususnya di daerah tersebut, yakni Blitar Jawa Timur.

cara budidaya ikan koi di kolam terpal,ikan koi di akuarium,ikan koi di aquarium,ikan koki,ikan cupang,ikan mujair,ikan lele,ikan arwana,

Budidaya ikan koi Blitar ini sebenarnya tak begitu sulit untuk di lakukan. Tahapan yang dilakukan pun sama seperti saat membudidayakan sejenis ikan mas. Ada beberapa tahapan cara budidaya ikan koi Blitar yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini: 

Pilih Indukan Koi 

Terlebih Dahulu Untuk mendapatkan produk ikan koi yang berkualitas dari turunan indukannya, tentu kita harus memilih indukan koi yang berkualitas juga. Biasanya indukan ikan koi yang berkualitas dimiliki setiap penghobi ataupun penangkar ikan koi. Jika Anda merasa kebingungan memilih indukan ikan ini, ada beberapa ciri yang wajib dipenuhi oleh indukan ikan koi yang akan Anda budidayakan, seperti berikut ini: 
  • Memiliki gaya berenang yang seimbang dan tenang. 
  • Ikan sudah berusia cukup matang, yakni berusia 2 tahun lebih. 
  • Bentuk tubuh ikan ideal, mulai dari atas yang terlihat layaknya torpedo. 
  • Mempunyai jenis yang mendekati atau sama, contohnya jenis kohaku dengan jenis kohaku lagi. 
  • Memiliki warna yang kontras dan cemerlang. 
  • Indukan terlihat sehat dengan gerakannya yang begitu gesit. 
  • Indukan betina koi dan jantan sudah matang gonad. 

Memelihara Indukan Koi 


cara budidaya ikan koi di kolam terpal,ikan koi di akuarium,ikan koi di aquarium,ikan koki,ikan cupang,ikan mujair,ikan lele,ikan arwana,


Tahap budidaya ikan koi Blitar berikutnya adalah dengan memelihara indukan koi. Adapun calon indukan yang hendak di pelihara sebaiknya di masukkan pada kolam khusus. Kolam yang digunakan sendiri berukuran sekitar 150 cm dengan kepadatan yang sesuai. Untuk kolam yang memiliki ukuran 4x5 m lalu Anda bisa mengisi sekitar maksimal 40 ekor untuk indukan jantan dan 20 ekor untuk indukan betina. Pastikan indukan jantan dan betina dipelihara pada jenis kolam berbeda. Pakan yang Anda berikan bisa berbentuk pelet yang berukuran sebesar 8 mm. Adapun jumlah pakan sekitar 3 sampai 5 % yang diberikan dari berat tubuh ikan selama 1 hari. Dengan frekuensi pemberian sebanyak 2-4 kali. 

Tahap Pemijahan Ikan Koi 


Langkah budidaya ikan koi Blitar selanjutnya adalah melalui tahap pemijahan. Ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan pada tahap pemijahan ini, mulai dari tempat pemijahan, proses pemijahan, penetasan larva dan pendederan. 

Penyortiran Ikan 

cara budidaya ikan koi di kolam terpal,ikan koi di akuarium,ikan koi di aquarium,ikan koki,ikan cupang,ikan mujair,ikan lele,ikan arwana,

 

Tahap terakhir yaitu merupakan tahap penyortiran ikan untuk menetapkan nilai jual ikan koi. Di mana, jika ikan tersebut memiliki kualitas baik maka Anda bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi. Tahap penyortiran ini dapat dilakukan ketika ikan berusia 1 bulan. Jika Anda ingin agar lebih aman lagi, maka Anda bisa melakukannya saat berusia 3 bulan.

Nah, itulah tahapan-tahapan penting dalam cara budidaya ikan koi Blitar untuk menghasilkan koi berkualitas!

Budidaya selanjutnya inilah langkah-langkah cara budidaya ikan komet dengan mudah
Mengenal Tahapan Cara Budidaya Ikan Koi Blitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya